Ingin jadi broker properti sukses ? Anda harus punya modal 5T

Jadi broker properti modal nya 5T ? Apa itu 5T? 5 triliyun?
Hah? Masa 5 triliyun modal jadi broker properti, mendingan buka restoran atau usaha lain yang menjanjikan kalo modal nya 5 triliyun.
Hhhhhmmm... reader jangan membuat kesimpulan dahulu, yuk kita simak sama - sama, apa itu 5T ?
Menjadi broker dengan modal 5T, maksudnya :



1. Broker properti harus punya modal TERDAFTAR


Profesi seorang broker properti bisa di jalani semua orang dengan berbagai latar belakang pendidikan, sehingga di lapangan banyak kita temui broker properti dengan sebutan lain seperti : Calo, makelar, biong, mediator, perantara, dan lain - lain.
Meski sekilas sama sebagai perantara penjualan properti, seiring berjalan nya waktu dan tuntutan kemajuan jaman, maka profesi ini perlu di organisir secara rapi dan tertib demi kepentingan para pihak di dunia properti.


Broker properti harus punya modal terdaftar, karena dalam proses penjualan properti selain dengan penjual dan pembeli, broker properti juga harus berhubungan dengan institusi atau profesi resmi lainnya, contoh nya seperti : Notaris, perbankan, instansi pemerintah bidang pertanahan, dan lain - lain. Seorang broker properti yang terorganisir dalam satu wadah akan mendapatkan banyak manfaat, mempunyai hubungan dengan orang yang memiliki jaringan yang luas, adanya tukar pengalaman dengan rekan sesama anggota, bahkan mendapatkan pelatihan khusus dari broker properti senior untuk mengembangkan kapasitas dirinya.


Broker properti yang terdaftar setidaknya dapat mengindikasikan bahwa yang bersangkutan siap mendapat kepercayaan, karena ketika seorang broker properti mendaftarkan dirinya sebagai anggota sebuah institusi atau komunitas, dia harus menyerahkan data pribadinya.


Hal ini juga sangat membantu apabila ada suatu saat ada kejadian yang tidak kita inginkan terjadi, misalnya ada rekan broker properti yang (maaf) berbuat curang menelikung broker properti lain dalam hal pembagian komisi, maka institusi atau komunitas tempat broker tersebut bernaung akan bisa membantu menengahi perselisihan atau kecurangan yang terjadi, karena adanya database "oknum" tersebut.


Memang profesi broker properti bisa di jalankan tanpa perlu bergabung atau mendaftar kan diri sebagai anggota sebuah institusi atau komunitas broker properti, namun bagi broker yang ingin berkembang dengan baik, mempunyai jaringan yang luas, dan lebih dipercaya klien, maka mendaftarkan diri pada suatu institusi atau komunitas broker properti adalah pilihan yang tepat.


Bayangkan kira - kira lebih terasa benefit yang mana ? Jika suatu saat nanti anda menghadapi seorang klien dan ditanya "dari agent/broker properti mana anda?" Apa jawaban anda nanti?


Terdaftar itulah salah satu modal dasar broker properti.


2. Broker properti harus punya modal TERLATIH


Segala sesuatu pasti ada ilmu nya, begitu juga broker properti. Sebuah pepatah mengatakan "barang siapa ingin meraih dunia hendak lah dengan ilmu, barang siapa ingin meraih akhirat hendak lah dengan ilmu juga".


Latihan terbaik adalah terjun di lapangan, sering dan terus menerus, namun sebagai bekal terjun di lapangan, anda wajib mengetahui dasar - dasar dalam menjalani profesi broker properti ini.


Beberapa hal yang harus sering kita latih dan pelajari :


- wawasan umum pengenalan profesi broker properti
- teknik bagaimana mendapatkan listing properti untuk di pasarkan
- tips menemukan pembeli properti potensial dan berdaya beli
- strategi memasarkan properti agar cepaf terjual
- bagaimana cara menangani proses transaksi properti baik cash maupun kredit bank / KPR
- memahami jenis - jenis properti, status hukum kepemilikan, trend harga properti suatu wilayah, teknik pendekatan kepada pemilik properti, teknik membaca dokumen properti, media untuk berpromosi dan lain - lain.


Dengan belajar dan melatih diri atas hal - hal di atas anda akan semakin mudah dan sangat terbantu agar cepat meraih sukses dalam bisnis ini.


3. Broker properti harus punya modal TERPERCAYA


Sebagai properti kita harus membangun diri menjadi pribadi yang terpercaya, broker properti terpercaya membuat klien merasa aman dan nyaman, menjadikan rekan kerja tenang bekerjasama dengan kita.
kepercayaan di bangun dengan keterbukaan.


Sebagai anggota sebuah institusi atau komunitas broker properti, kita semua punya kewajiban untuk saling menjaga kepercayaan klien (personal maupun corporate) kepada institusi atau komunitas yang menaungi kita.


Tinggi nya kepercayaan klien kepada broker properti salah satu nya di ukur berulang nya mereka kembali menghubungi kita untuk meminta memasarkan properti nya, hal ini dikarenakan rekam jejak prestasi kita sebelumnya dan kesungguhan kita mengelola pemasaran properti milik mereka.


4. Broker properti harus punya modal TERKENAL


Sebagai broker properti kita juga harus terkenal dan dikenal dalam bisnis properti. Dikenal oleh lingkungan terdekat, dikenal oleh rekan kerja, dikenal oleh kolega kita dan lain - lain.


sekiranya kita baru memulai profesi broker properti ini, mulai - lah merintis dan berinvestasi nama baik anda, lakukan deklarasi dan publikasikan terus menerus, perbanyak kontak kita dalam dunia properti.


Tampil - lah sebagai broker properti yang terkenal, jadi broker gak boleh ngumpet, anteng, diem, pasif, tapi harus berani tampil, aktif, agresif dan penuh semangat.


Nyaris tidak ada broker properti hebat yang tidak terkenal, minimal di kenal dilingkungan bisnisnya dan komunitas propertinya. Selain kita yang harus terkenal, listing kita juga harus terkenal.


5. Broker properti harus punya modal TEKUN


Tekun mutlak harus menjadi modal kita sebagai seorang broker properti, ini pesan jualan properti dari jaman batu hingga jaman gadget, dan itu pula kunci menjadi broker properti yang sukses.
Anda boleh saja bosan dengan pesan ini asalkan anda tidak bosan menjalankan nya.


broker properti yang tidak tekun akan kesulitan menjadi broker properti yang sukses. Tekun mencari listing, tekun menjaga hubungan baik, tekun menguasai produk, tekun melayani klien, tekun melakukan promosi dan lain - lain.


ketekunan adalah jalan terbaik untuk menjadi broker properti yang sukses.


Jadi, broker properti itu harus punya modal 5T, yaitu :


1. Terdaftar
2. Terlatih
3. Terpercaya
4. Terkenal
5. Tekun


Semoga bermanfaat mendukung kesuksesan broker properti semua.


sumber : kuliah online indobroker, pengajar bapak nurhadi soemarto
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan